Bagaimana Desain Skema Warna

 
Ada banyak yang harus dipertimbangkan ketika merancang sebuah ruang interior yang indah. Elemen seperti penataan mebel, pemilihan gordyn dan gaya interior semua itu adalah penting untuk dekorasi rumah anda. Dari semua aspek, pilihan skema warna adalah salah satu yang paling penting untuk finishing interior anda. Warna membuat ruang tampak besar atau kecil. Warna juga mempengaruhi pantulan cahaya dalam sebuah ruangan, dan warna meningkatkan mood dan gaya. Memilih skema warna interior tidak sulit. Dengan sedikit pengetahuan dari teori warna dan beberapa tips beberapa desain, membuat skema warna cantik menjadi lebih mudah.

      Merancang sebuah Skema Warna

            Untuk menentukan skema warna interior sebuah rumah.Anda juga perlu merencanakan warna eksterior rumah Anda, untuk interior di mulai dari lantai, tentukan juga material yang ingin di gunakan, apakah keramik, granit, atau parkit,tentukan warna / tekstur dari material yang di kehendaki. Setelah bagian tersebut selesai tentukanlah warna dinding , furniture, dan kabinet interior lainnya yang dapat mempengaruhi pandangan interior rumah anda.

            Pertimbangkan sumber cahaya Anda. Persepsi warna secara dramatis dipengaruhi oleh cahaya, jadi pertimbangkan jumlah jendela yang anda miliki dalam ruang serta arah ruangan anda.Contoh : sebuah kamar yang menghadap ke utara akan menampilkan smooth warna biru terhadap cahaya sementara kamar yang menghadap barat memiliki gradasi warna oranye yang berlebih.

            Gunakan roda warna. Studi roda warna untuk arah perencanaan skema warna. Analog warna, atau warna yang lembut di roda, menciptakan suasana yang lebih tenang di kamar sementara warna komplementer, akan menciptakan suasana yang berenergi atau dramatis dalam ruang


            Pertimbangkan dimensi ruangan. dalam menggunakan warna, karena sebuah ruangan. kamar yang kecil serasa lebih besar, hal tersebut bisa dipengaruhi oleh warna cat yang digunakan dan cahaya . Kamar besar terlihat lebih kecil saat tekstur gelap dipilih. Langit-langit merasa lebih tinggi bila dicat warna terang saat mereka terlihat lebih rendah bila dicat warna cat lebih gelap.

            Pelajari gaya desain interior anda. Berbagai gaya dekorasi interior menggabungkan warna tertentu untuk meningkatkan penampilan mereka, seperti  penggunaan emas dan oranye, dan dekorasi Negara Prancis biasanya memiliki blues cerah dan kuning. Desain rumah anda dapat ditentukan oleh beberapa warna yang anda gunakan.

            Pertimbangkan lokasi geografis. Ketika merancang skema warna anda, pertimbangkan di mana Anda tinggal. bila anda berada di iklim panas sebaiknya gunakan warna dingin seperti hijau putih, biru, dan. Jika anda tinggal di iklim dingin, incoporate warna hangat seperti merah dan oranye untuk memberikan perasaan hangat di rumah anda selama berbulan-bulan saat musim dingin.

            Memilih warna yang selaras dalam konsep rumah terbuka. Banyak fitur desain rumah kamar yang visual terbuka untuk ruang lain, jadi pilihlah skema warna yang harmonis dan koordinasi untuk daya tarik visual maksimum.


Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More